BIBIT TANAMAN JAMBU AIR KING ROSE

BIBIT TANAMAN JAMBU AIR KING ROSE
Ukuran 1 Pohon Rp.















Jambu Air King Rose Selain memiliki citarasa yang yang menggiurkan, tanaman buah ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dataran tinggi. Perawatannya juga tergolong mudah tanpa perlakuan khusus. Keunggulan lainnya adalah tanaman jambu air king rose ini termasuk jenis jambu yang bersifat genjah, panen buah jambu air king rose dapat dimulai saat pohon sudah berumur 1-2 tahun setelah tanam. Tanaman jambu air king rose juga dapat berbuah sepanjang tahun. Dengan segala keunggulannya, tak heran jika para pecinta tanaman buah eksklusif mulai banyak menanam tanaman buah ini, baik di dalam pot maupun pekarangan rumah.

Syarat Tumbuh Jambu Air King Rose

  • Tanaman jambu air king rose termasuk jenis tanaman yang mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan tropis, Tanaman jambu air king rose dapat tumbuh dengan baik mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi yang mencapai 1.000 m di atas permukaan air laut.
  • Suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman jambu air king rose adalah 18-28 derajat Celcius.
    Tanaman jambu air king rose akan tumbuh baik didaerah yang curah hujannya rendah/kering, sekitar 500-3.000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Dengan kondisi tersenut, tanaman jambu air akan memberikan kualitas buah yang baik dengan rasa lebih manis.
  • Kelembapan udara yang diinginkan oleh tanaman jambu air king rose antara 50-80%. Sementara intensitas cahaya matahari yang ideal dalam pertumbuhan jambu air adalah 40-80%.
  • Tanah yang cocok bagi tanaman jambu air king rose adalah subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Tanaman ini sangat cocok tumbuh pada tanah datar.
  • Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok sebagai media tanam jambu air king rose berkisar antara 5,5 – 7,5.

Tips Pemeliharaan Jambu King Rose

Pemeliharaan tanaman jambu air king rose perlu dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik dan mampu menghasilkan buah yang lebat. Adapun tahap pemeliharaan yang perlu dilakukan antara lain penyiangan, penyiraman dan pemangkasan.
  • Penyiraman
    Tanaman jambu air king rose yang ditanam dilahan mendapat suplai air dari tanah. Namun demikian, ketika musim kemarau, tanaman perlu disiram agar tanah tetap lembab. Dua minggu pertama setelah penanaman. Tanaman muda sebaiknya disiram 1-2 kali sehari, pagi dan sore hari. Jika sudah cukup besar dan pekarangannaya dalam, tanaman jambu air king rose cukup disirami sekali sehari. Saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali. Penyiraman dilakukan dengan cara menyiramkan air pada seluruh bagian tanaman agar tanaman tampak segar dan bersih. Hal yang harus diperhatikan, penyiraman perlu dilakukan secara berhati –hati agar bunga tidak ikut rontok ketika tanaman sedang dalam masa berbunga.
  • Penyiangan
    Penyiangan dilakukan dengan tujuan untuk menyuburkan tanah serta membuang rumput dan tanaman liar atau hewan penghuni tanah. Penyiangan dilakukan sebelum pemupukan agar proses pemupukan dapat berjalan lancar karena tanah menjadi gembur dan gulma sudah tidak ada. Penyiangan dilakukan dengan membuang gulma menggunakan cangkul.
  • Pemangkasan
    Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk membentuk pohon, pemeliharaan, dan peremajaan. Pemangkasan untuk membentuk pohon dilakukan setelah mencapai ketinggian 2 m. Bagian yang dipangkas adalah cabang/tunas. Untuk pemeliharaan, pemangkasan dilakukan setiap saat kecuali ketika tanaman sedang berbunga. Bagian yang dipangkas adalah dahan yang tua, kering, luka, serta tidak sempurna. Sementara untuk peremajaan, pemangkasan dilakukn pada seluruh bagian tanaman yang sudah terlalu tua, tidak berproduksi, atau diserang hama/penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PLENTER BAG 50 L

BIBIT TANAMAN COCOR BEBEK